Konsep Pengobatan Indonesia Ibarat Tanaman dan Pupuk

Konsep Pengobatan Indonesia Ibarat Tanaman dan Pupuk

Pengobatan merupakan upaya untuk membuat seorang menjadi sehat kembali seperti semula, disisni saya mendeskripsikan pengobatan di Indonesia ini ibarat Tanaman dan pupuk.”Tanaman sebagai Manusia dan Pupuk sbagai Obat”
Tanaman meupakan mahluk hidup yang memerlukan air, media untuk tumbuh, dan zat hara untuk dapat tumbuh dengan subur.tetapi apabila salah satu diantaranya tidak mencukupi misalnya zat haranya kurang maka pertumbuhan dan perkembangan tanaman tersbut akan terhambat, maka untuk membuat agar tanaman tersebut normal kembali diperlukan pupuk sebagai zat hara yang kurang mencukupi.
Begitu juga dengan manusia di dalam tubuhnya sudah terdapat berbagai element yang dapat melawan penyakit seperti antibody. Tetapi apabila dari dalam tubuhnya sudah tidak bisa menanganinya maka diperlukan bantuan dari luar yaitu berupa obat untuk mengembalikan kesehatannya.
Tanaman memiliki kemampuan tertentu untuk melangsungkan kehidupannya begitu juga dengan manusia yang memlilki cara hidup, dan juga kekebalan tubuh yang berbeda- beda.
Dalam hal ini pupuk diibaratkan sebagai obat. Pupuk terdiri dari 2 macam, yaitu: pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk Organik : Pupuk yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari bahan organik yang berasal dari tanaman dan atau hewan yang telah melalui proses rekayasa, dapat dibentuk padat atau cair yang digunakan untuk mensuplai bahan organik, memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah. Sedangakan Pupuk Anorganik : Pupuk hasil proses rekayasa secara kimia, fisik dan atau biologis dan merupakan hasil industri atau pabrik pembuat pupuk. Begitu juga dengan obat, terdapat obat modern dan juga obat tradisional. Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh. Dan salah satu produk obat tradisional adalah jamu.
Jamu adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan galenik atau campuran dari bahan-bahan tersebut, yang secara tradisional telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (data empirik). Jamu merupakan warisan budaya bangsa yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Sejarah membuktikan bahwa jamu merupakan asli ramuan Indonesia yang berasal dari bahan-bahan alami, dan digunakan sebagai upaya memelihara kesehatan, mengobati penyakit, maupun menigkatkan kecantikan. Pemanfaatan jamu di Indonesia telah dimulai oleh nenek moyang bangsa, sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu.
Perbedaan Jamu dengan Obat Modern
Perbedaan yang paling mencolok antara jamu dengan obat modern terletak dari bahan pembuatnya. Jamu menggunakan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang langsung diambil dari alam. Sedangkan Obat moderen dihasilkan dari senyawa bahan-bahan kimia sintetis. Oleh karena itu, tingkat efek samping jamu relatif sangat minim dibanding dengan obat modern. Jamu merupakan obat alami yang bebas efek samping.
Kita tidak bisa memandang bahwa obat tradisional ”jamu” khasiatnya tidak sebanding dengan obat modern. Tanaman yang diberikan pupuk organik hasilnya lebih baik daripada yang diberi pupuk anorganik. Maka saya dapat menyimpulkan bahwa jamu itu selain berkhasiat terhadap penyembuhan juga terdapat hal- hal positif lainnya yang tidak diberikan oleh obat modern ”Obat Kimia”.

1 Response so far »

  1. 1

    khoirul said,

    sy kurang mengrti mas,
    kyk ny konsep itu ngawuuuuuuuuuuRRRRRR.
    slh jursn y mas atw br kulyh skli aj koq ngaco.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: